Kesehatan

Manfaat Terong Ungu

Manfaat Terong Ungu

Terong ungu adalah salah satu jenis terong yang memiliki warna kulit ungu. Terong adalah sayuran dengan kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat luar biasa. Ia mengandung mineral, kalsium, kaya serat dan vitamin K. Untuk masyarakat Indonesia, terong bukan merupakan makanan yang asing sebab terong sering diolah menjadi berbagai macam masakan.

Tidak hanya itu, terong juga mudah ditemui dan dijual dengan harga yang relatif murah sehingga menjadi salah satu bahan makanan yang merakyat. Dibalik rasanya yang lezat dan disukai banyak orang, terong ungu juga menyimpang banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat terong ungu adalah dapat meningkatkan stamina dan antibodi untuk melawan serangan penyakit.

Manfaat Terong Ungu untuk Tubuh

  1. Mencerdaskan otak

Percaya manfaat terong ungu mampu mencerdaskan otak? Rasanya memang tidak mungkin untuk sebuah sayur dengan harga murah, namun kandungan phytonutrisi anthocyanin yang disebut sebagai nasunin dalam kulit terong ungu sangat bermanfaat untuk menutrisi organ penting di dalam tubuh kita, yaitu otak.

Selain dapat menutrisi otak, nasunin juga akan membantu melindungi membran sel otak dari serangan radikal bebas. Dengan kandungan nasunin, otak kita akan mendapatkan  nutrisi yang dibutuhkan serta membantu memudahkan kita untuk berpikir.

  1. Menjaga kekuatan tulang

Tidak melulu susu, ternyata untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat juga bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi terong ungu. Kita bisa memanfaatkan terong sebagai makanan untuk menguatkan tulang serta menjaga kesehatannya.

Dengan mengonsumsi sayur terong secara teratur dan seimbang, kita akan mandapatkan manfaat tulang yang kuat. Karena berbagai kandungan yang ada di dalam terong ungu dipercaya dapat membuat tulang menjadi sehat dan tentunya kuat.

  1. Mencegah kanker

Sayur terong kaya akan kandunga serat yang jumlahnya tinggi, yang mana sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit kanker usus besar. Terong dapat bertindak sebagai penyerap bahan kimia serta racun yang menjadi penyebab muncul dan berkembangnya kanker usus besar.

  1. Menurunkan berat badan

Mungkin ini menjadi manfaat terong ungu yang paling disukai para wanita. Terong dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan karena memiliki kadar air tinggi namun rendah kalori. Hal ini yang menjadi alasan mengapa terong menjadi salah satu menu makanan yang ideal untuk orang-orang yang tengah menjalankan program penurunan berat badan.

  1. Mencegah hipertensi

Mengonsumsi terong secara teratur dalam jumlah yang tepat bisa mencegah terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Penyakit ini seringkali kita temui pada orang-orang dewasa sampai lanjut usia. Penyebabnya bisa dikarenakan keturunan (genetik), pola hidup atau pola makan yang kurang sehat.

  1. Melancarkan pencernaan

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa sayur terong ungu memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Artinya terong ungu dapat membantu melancarkan pencernaan Anda, maka konsumsilah terong ungu secara rutin untuk menghindari sembelit atau masalah pencernaan lainnya.

  1. Mengontrol kadar gula

Manfaat terong ungu yang selanjutnya adalah dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Terong ungu kaya akan kandungan serta namun rendah karbohidrat. Hal ini menjadikan terong ungu sebagai salah satu makanan yang baik dikonsumsi para penderita diabetes tipe 2, karena ia akan membantu mengatur penyerapan gula dalam darah.

  1. Melembabkan kulit kepala

Kulit kepala Anda kering? Coba konsumsi terong ungu secara teratur, karena sayuran yang satu ini dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit kepala. Terong ungu akan membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan kulit kepala sehingga membuatnya lebih lembab. Hal ini tentu akan berdampak pada kesehatan rambut dan kulit kepala Anda.

  1. Mencegah anemia

Anemia adalah masalah kesehatan yang membuat kondisi tubuh kita lemas, kurang bergairah, mudah lelah serta terlihat pusat. Meski jumlahnya kecil, terong ungu memiliki kandungan zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah merah untuk mengatasi atau mencegah anemia.

  1. Meningkatkan sistem imun

Pada awal artikel kami sudah menyebutkan bahwa terong ungu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal ini berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Kandungan pada terong ini akan merangsang antibodi tubuh kita untuk melawan berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh, sehingga kita bisa terhindar dari sakit.

Itulah 10 manfaat terong ungu yang bisa Anda dapatkan untuk tubuh Anda. Pada dasarnya setiap sayuran dan buah memiliki manfaat tersendiri untuk tubuh kita, maka mengonsumsinya secara rutin dalam jumlah yang seimbang akan membuat tubuh kita tetap prima. Dengan beberapa tips kesehatan seputar manfaat terong ini, semoga kita semua bisa memulai pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan alami yang kaya akan khasiat untuk tubuh.