Teknologi

Apa Itu Linux Hosting?

Web hosting dibedakan menjadi dua sistem operasi yaitu Windows (Windows hosting) dan Linux (Linux hosting). Meskipun Windows adalah sistem operasi paling populer di seluruh dunia. Namun Linux juga merupakan sistem operasi yang banyak di pilih orang. Linux hosting merupakan sebuah web server yang berjalan dengan sistem operasi Linux dengan tambahan open source dari UNIX. Hal ini menjadikan Linux hosting sering juga disebut sebagai unix hosting. Alasan banyak menyukai Linux adalah karena kemampuan open source yang dimilikinya. Dengan kemampuan open source tersebut, membuat website menggunakan Linux hosting menjadi lebih mudah serta lebih murah biayanya.

 

Kelebihan dan Kekurangan Linux Hosting

Linux hosting merupakan pilihan alternatif dari Windows hosting. Web server ini memiliki banyak kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui. Mengetahui kelebihan dan kekurangannya akan memudahkan Anda dalam menentukan jenis hosting yang akan digunakan. Seperti kita ketahui, web hosting merupakan salah satu hal penting dalam pembuatan sebuah website. berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari Linux hosting.

 

  1. Kelebihan

Linux adalah sistem operasi open source yang membuatnya dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Inilah yang membuat banyak orang memilih menggunakan Linux hosting. Karena mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar lisensi. Berbeda hal jika menggunakan Windows hosting, mereka harus membayar lisensi kepada Microsoft.

 

Website yang berbasis Linux juga dapat dengan mudah diubah ke dalam website berbasis Windows. tentunya ini adalah sesuatu yang sangat penting. Karena ketika di awal membuat website mungkin kita tidak membutuhkan fitur-fitur Windows hosting. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, website menjadi semakin besar dan ramai sehingga banyak membutuhkan aplikasi-aplikasi dari Windows dalam pengembangannya. Sistem operasi Linux memungkinkan Anda melakukan migrasi dari website Linux ke dalam website Windows.

 

Pada Linux hosting juga terdapat banyak sekali database yang mampu dijalankan. Database yang banyak digunakan pada web server umumnya adalah MySQL dan PostgreSQL, kedua database memungkinkan komunikasi yang cepat antara website dengan server database, sehingga update data menjadi lebih cepat. Dan kedua database ini dapat berjalan pada Linux hosting.

 

  1. Kekurangan

Kekurangan utama dari Linux hosting adalah kenyataan bahwa sistem operasi ini tidak sepenuhnya mendukung dengan beberapa teknologi yang dimiliki Windows. hal ini terkadang membuat seseorang harus mengkonversi websitenya dari sitem Linux ke sistem Windows ketika mereka membutuhkan beberapa aplikasi pengembangan website milik Windows.

 

Pada Linux hosting Anda tidak akan bisa menggunakan teknologi seperti VB.NET dan ASP.NET. Anda juga tidak akan bisa menggunakan layanan milik Microsoft seperti microsof sharepoint. Itu artinya jika Anda ingin menggunakan database yang berjalan pada sistem operasi Windows maka Anda hanya bisa memilih Windows hosting. Dengan menggunakan Windows hosting tentu Anda harus mengeluarkan biaya yang jauh lebih mahal daripada di Linux hosting.

 

Jika website Anda membutuhkan fitur seperti chat room dan board massage maka Linux hosting bukanlah merupakan pilihan yang tepat. Anda hanya bisa membuat tersebut jika website Anda menggunakan Windows hosting.

 

Sebaiknya Anda mengetahui lebih dalam mengenai Linux hosting. Pengetahuan yang cukup akan membuat Anda mudah dalam menentukan, apakah akan menggunakan Linux hosting atau Windows hosting? Tapi jika bicara masalah ekonomis maka Linux jelas jauh lebih unggul dari Windows hosting. Namun, untuk website yang membutuhkan beragam fitur yang kompleks, maka Linux hosting bukanlah jawabannya.