Kesehatan

Cara Melatih Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan Secara Maksimal

Perkembangan bayi memang terkesan sangat menakjubkan dari hari ke hari, terlebih lagi saat bayi tersebut sudah memasuki usia 5 bulan yang mana si kecil suda mulai aktif dengan kegiatannya. Mulai dari mengangkat kepalanya, kemudian tengkurap, lalu merangkak sampai dengan duduk dan juga berjalan. Semua perkembangan bayi usia 5 bulan pada sistem motorik tersebut juga akan dikuasai seiring dengan berambahnya usia dari bayi. Tetapi peranan dari orang tua juga sangat berpengaruh pada keberhasilan dari bayi melalui beberapa fase emas dari perkembangan motoriknya. Oleh karena itu untuk menunjang kemampuan anak dalam perkembangannya, maka Anda perlu melakukan beberapa hal seperti berikut ini:

perkembangan bayi usia 5 bulan

Melatihnya Tengkurap

Yang pertama adalah melatihnya untuk bisa tengkurap, Anda memang harus menahan bagian kepala dan juga leger pada saat menggendongnya pada saat usia dari bayi masih kurang dari 5 bulan. Biasanya di usianya yang lebih dari 1 bulan nantinya Anda bisa membalikan badan ataupun menengkurapkannya untuk bisa melatih kekuatan pada otot lehernya. Si kecil nantinya juga akan belajar untuk mengangkat kepala dan juga dadanya dan bertumpu pada kedua tangannya. Dengan demikian dirinya akan belajar tengkurap dengan sendirinya.

Melatihnya Merangkak

Kemudian yang kedua adalah melatihnya untuk merangkak, jika si kecil sudah mulai bisa tengkurap, maka Anda mengajarinya unuk merangkak agar nantinya dapat berpindah tempat. Anda bisa mendorong ataupun mensttimulasinya dengan memperlihatkan atau memberikannya mainan agar nantinya si kecil tertarik dan menghampirinya sembari merangkak. Anda juga bisa menempatkan bantal sebagai penghalang untuk bisa melatih ketangkasannya dan juga rasa percaya diri dari si kecil pada saat merangkak.

Melatihnya Duduk

Lalu yang ketiga adalah melatihnya untuk duduk, jika si kecil sudah bisa untuk berguling – guling, dan juga menahan kepalanya dengan lebih kuat, maka Anda bisa sesekali mendudukannya dan ditopang dengan bantal. Hal tersebut nantinya akan melatih bayi tersebut untuk belajar duduk sendiri. biasanya bayi akan dapat duduk sendiri di usia 8 bulan atau bahkan kurang. Dengan demikian stimulasi memang sangat penting. Untuk melatihnya duduk, maka Anda bisa mengajaknya untuk bermain, dengan demikian kepalanya bisa bergerak ke bawah dan juga ke atas untuk bisa melatih kekuatan dari otot lehernya. Contohnya saja seperti meletakkan mainan di lantai, kemudian mengangkat mainan tersebut, dengan demikian bayi akan mendongakkan kepalanya untuk mengikuti gerakan tangan Anda. Selain itu Anda juga bisa mengajarinya untuk menyeimbangkan posisi duduk dari bayi, Anda bisa mendudukan bayi, kemudian tempatkan mainan di sekitar bayi dengan demikian bayi juga akan mencoba untuk meraih mainan tersebut.

Dukungan dan juga stimulasi yang tepat tentu saja akan meningkatkan kemampuan motorik dari bayi itu sendiri sehingga mampu tumbuh menjadi anak yang hebat. Selain mengajarinya beberapa hal tersebut, Anda juga bisa mengajarkannya untuk menjaga kebersihan diri dengan selalu mandi 2 kali sehari, kemudian juga membuanya rileks dengan pijatan lembut dan yang lainnya. Untuk melengkapinya, Anda bisa menggunakan rangkaian produk dari Zwitsal, dengan demikian perkembangan bayi usia 5 bulan akan lebih maksimal.

referensi artikel https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/perkembangan-bayi-usia-5-bulan