berita

Inilah Penyebab Harga Rumah Semakin Melambung

Satu survey diakhir th. lantas mengatakan kalau beberapa besar generasi milenial di Jakarta juga akan jadi gelandangan. Harga tempat tinggal yang makin tinggi terutama di Ibu Kota dipandang jadi pemicunya.

Rumah
Rumah

Menurut Head of Marketing Tempat tinggal. com, Ike Noorhayati Hamdan beberapa hal yang mengakibatkan daftar harga tempat tinggal bertambah tinggi, satu diantaranya pembangunan infrastruktur atau akses umum.

” Kan orang beli tempat tinggal tidak cuma hanya cuma perlu tapi ada aspek penunjang, ini jadi komponen yang dihitung pada penjualan akhir tempat tinggal. Umpamanya kwalitas bangunan, atau tempat atau aspek eksternal, seperti transportasi yang dibuat atau akses umum, ” katanya waktu dihubungi detikFinance, Selasa (28/11/2017).

Sesaat di pemerintahan masa Jokowi-JK sekarang ini begitu memprioritaskan sebagian project infrastruktur. Di Jakarta saja terdapat banyak project yang tengah dikerjakan, tidak cuma jalan tol tapi juga transportasi umum seperti LRT serta MRT.

” Ini yang buat harga nya bertambah. Makin tinggi konektivitas satu ruang pada pusat ekonomi, jadi daya dukung kehidupan yang buat mahal. Jadi bukanlah hanya harga tanahnya saja. Mungkin saja MRT serta LRT telah jalan 2019, ” imbuhnya.

Oleh karenanya, kata Ike, umumnya untuk yang beli tempat tinggal di fase awal semakin lebih diuntungkan daripada yang beli di fase sesudahnya.

Untuk generasi milenial, Ike merekomendasikan supaya beli tempat tinggal di harga Rp 500 juta ke bawah. Sebab rata-rata upah generasi milenial sekarang ini masih tetap dibawah Rp 10 juta.

” Ambillah upahnya Rp 7 juta-an, nah bila 30% untuk cicil bermakna Rp 2, 5 juta. Bila dikalikan 12 bln. satu tahun Rp 30 juta-an. Katakan dia ambillah angsuran 15 th., bermakna jumlah yang dicicil Rp 450 juta-an, itu belum juga ditambah DP. Ya bermakna Rp 500 juta-an masih tetap mampu lah, ” tandasnya.

Tempat tinggal harga itu susah dijumpai di Jakarta. Sekurang-kurangnya generasi milenial dapat mencarinya di lokasi pinggir Jakarta, seperti Depok, Bekasi maupun Tangerang.