Kuliner

Aneka Macam Tumpeng Untuk Merayakan Hari Bahagia Anda

Aneka Macam Tumpeng- Momen-momen seperti pernikahan dan ulang tahun merupakan sebuah momen yang sangat bahagia. Khususnya momen pernikahan karena pernikahan merupakan sebuah momen yang hanya akan terjadi satu kali seumur hidup. Momen yang berbahagia seperti itu pasti dihadiri oleh keluarga besar dan juga teman-teman yang disayangi.Untuk merayakan momen tersebut, menggunakan tumpeng Nasi Tumpeng Jakarta Utara sebagai hidangan utama adalah hal yang paling tepat untuk dilakukan.Tumpeng tidak kalah menarik dengan kue pernikahan yang dihias sedemikian rupa dengan balutan krim berwarna putih. Karena tumpeng merupakan makanan tradisional yang sarat akan makna dan sudah digunakan sejak jaman dahulu.

Siapapun pasti mengetahui bentuk dari tumpeng, tumpeng dibentuk dari nasi kuning yang berbentuk seperti gunungan dan dikelilingi oleh berbagai lauk-pauk.Tradisi menggunakan tumpeng dalam perayaan momen-momen bahagia di Indonesia sebenarnya sudah dilakukan sejak dahulu, tepatnya sejak masa Kerajaan Hindu di Indonesia. Walaupun Islam masuk ke Indonesia, tradisi tumpeng tetap dilakukan namun falsafahnya disesuaikan dengan islam. Sebelum masuknya islam, tumpeng memiliki falsafah untuk memuliakan gunung yang diyakini merupakan tempat bersemayam nenek moyang. Sejak islam masuk, falsafat tersebut diubah menjadi sebagai wujud rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa. Maka dari itu biasanya sebelum menyajikan tumpeng pada acara-acara, akan dilakukan pembacaan Al-Qur’an dan juga pengajian terlebih dahulu.

Tumpeng walaupun sering digunakan dalam berbagai perayaan, sebenarnya ada banyak sekali jenis tumpeng yang ada di Indonesia.Berikut adalah jenis-jenisnya.

  1. Tumpeng nujuh bulan

Seperti namanya, jenis tumpeng yang satu ini digunakan untuk merayakan kehamilan tujuh bulan.Tidak seperti tumpeng pada umumnya, tumpeng nujuh bulan terbuah dari nasi putih yang dibentuk seperti kerucut besar ditengahnya.Kemudian ada kerucut-kerucut kecil dari nasi putih lainnya yang mengelilingi kerucut besar.

  1. Tumpeng robyong

Tumpeng yang satu ini biasanya ada di upacara siraman yang merupakan salah satu rangkaian dari pernikahan dengan adat jawa.Tumpeng robyong diletakkan dalam bakul, tidak di tampah.Nantinya dipuncak tumpeng diletakkan terasi, telur ayam, cabai dan bawang merah.