Wisata

Berburu Oleh-oleh di Pusat Gerabah di Kasongan, Yogyakarta

two day tour jogja

Di Yogyakarta terdapat beberapa kawasan yang biasanya digunakan untuk membeli oleh-oleh khas daerah ini. Salah satunya adalah oleh-oleh berupa gerabah. Bagi wisatawanyang igin mencari gerabah sebenarnya bisa mendapatkannya di Pasar Beringharjo, Hamzah Batik, Mirota Batik, atau tempat lainnya. Namun bagi mereka yang penasaran dengan proses pembuatan dan ingin tahu pusat pembuatan kerajinan gerabah bisa datang kesebuah desa di Kabupaten Bantul yaitu Desa Kasongan.

 Gerabah adalah perkakas yang terbuat dari tanah liat yang dalam prosesnya dibentuk dan  dibakar yang selanjutnya dijadikan berbagai macam alat-alat untuk membantu kehidupan sehari-hari manusia. Pusat kerajinan gerabah di Jogja berlokasi di Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, atau biasa dikenal sebagai Kasongan. Awal mula kawasan ini menjadi pusat kerajinan gerabah sudah dimulai dari masa kolonial Belanda yang awalnya hanya membuat kerajinan sederhana. Seiring dengan perkembangan waktu mereka pun berinovasi sehingga menghasilkan kerajinan yang lebih variatif dan lebih halus. Puncak dari kerajinan terjadi pada tahun 1971 yang mana seorang seniman besar Jogja Sapto Hudoyo membantu para pengerajin dengan melakukan pelatihan dan pembinaan. Beliau mengajarkan para pengerajin untuk menambahkan desain di setiap gerabahnya sehingga menghasilkan gerabah yang indah dan tidak monoto. Selain itu hasil gerabah juga meningkatkan nilai ekonominya dengan harganya yang semain mahal dan semakin menarik pembeli.

Di saat-saat tertentu wisatawan bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan gerabah di tempat ini. Pengunjung bisa menyaksikan proses dari awal hingga akhir jika datang disaat para pengerajin sedang memprodusi gerabah. Mereka juga bisa memilih gerabah yang beraneka macam bentuk dan ukuran dan bisa membelinya dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan membelinya di toko – two day tour jogja

Lokasi Kasongan:

Kasongan berada di Dukuh Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sangat mudahmenuju kawasan ini, wisatawan tinggal mengarahkan kendaraanya ke Jl Bantul dan  sekitar 6 km dari Alun-alun Utara Yogyakarta akan tampak gapura besar menuju Desa Kasongan.

Tiket Kasongan:

Tidak dikenai tiket masuk ke kawasan wisata ini. Pengunjung bisa melihat-lihat benda-benda yang terbuat dari gerabah di sini.

Tip Wisata Kasongan:

1.       Gunakanlah pakaian yang sekiranya nyaman.

2.       Rata-rata barang yang dijual sama di kawasan tersebut.

3.       Cek kualitas barang sebelum membeli.

4.       Jangan lupa minta diskon jika membeli.

5.       Jaga kebersihan di Kasongan.

6.       Hati-hati saat memegangnya karena mudah pecah.