Kesehatan

Manfaat dari Tindik Bayi yang Harus Anda Ketahui Serta Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan

Kelahiran sang buah hati adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan muda, setelah si kecil lahir anda juga akan disibukkan dengan perlengkapan bayi baru lahir apa saja yang akan dipersiapkan misalnya seperti bantal olus pillow untuk mencegah terjadinya perubahan bentuk kepala pada bayi anda, tempat tidur yang aman untuk bayi anda, baju untuk bayi anda serta product apa saja yang aman untuk perawatan kulit bayi anda dan masih banyak lagi yang lainnya. Belum lagi setelah itu anda harus memikirkan tentang tindik bayi.

“Masih bayi kok telah ditindik telinganya? Tidak kasihan? ” Tindik telinga telah lama diaplikasikan di Indonesia, bahkan juga sampai hari ini. Tetapi, tak ada kelirunya memerhatikan banyak hal tersebut sebelumnya lakukan tindik telinga pada bayi Anda.

Manfaat dari Tindik Bayi yang Harus Anda Ketahui Serta Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan

Tindik telinga pada bayi wanita umumnya dikerjakan sekian hari sesudah dia dilahirkan, pastinya atas keinginan sang orangtua. Menindik telinga bayi yang baru lahir mungkin saja dikerjakan dengan argumen budaya atau membuat cantik si buah hati. Nyatanya terkecuali hal itu, ada faedah kesehatan yang dapat diperoleh si kecil.

Faedahnya

Terkecuali estetika, faedah tindik telinga dapat juga diliat dari kacamata medis. Telinga yang ditindik pada umur awal memperoleh perhatian atau perawatan yang lebih saksama. Orangtua pastinya juga akan berupaya serta meyakinkan bila telinga sang buah hati tidak infeksi. Diluar itu, makin muda umur anak makin sedikit juga peluang timbulnya jaringan parut atau keloid pada telinga yang ditindik.

Menurut satu artikel dari Journal of Pediatrics, keloid atau sisa luka tidak tipis seringkali keluar pada telinga anak yang ditindik saat berumur lebih dari 11 th.. Keloid dapat susah untuk diobati, bahkan juga kerapkali memerlukan suntikan serta operasi simpel untuk membuangnya.

Yang harus diperhatikan

Bila menginginkan lakukan tindik telinga pada buah hati Anda yang baru lahir, dianjurkan untuk cermati terlebih dulu banyak hal di bawah ini :

1. Umur bayi

American Academy of Pediatrics (AAP) mereferensikan bila tindik telinga disarankan untuk dikerjakan hingga anak telah cukup tua untuk mengurusi tindikannya sendiri. Tetapi, ada dokter anak yang merekomendasikan bila tindik telinga dapat dikerjakan bila buah hati telah berumur dua bln.. Walau tidak sering, infeksi dapat berlangsung bila bayi berumur kurang dari dua bln., terlebih infeksi kulit atau demam. Berapakah juga umur anak, tindik telinga tentu ada resikonya. Tapi menurut APP, resiko disangka bisa diminimalkan bila tindik telinga dikerjakan dengan hati-hati serta dirawat dengan benar-benar.

2. Orang yang lakukan tindik telinga

Tindik telinga pada bayi disarankan supaya dikerjakan oleh dokter. Jangan sampai menindik telinga anak di toko perhiasan atau pusat perbelanjaan. Beberapa tempat itu mungkin saja saja memakai alat penusuk (tidak dari jarum) yg tidak disterilkan. Orang yang menindik juga mungkin tidak memiliki pengalaman, tidak ikuti kursus, atau tidak memperoleh pengawasan.

3. Jarum tindik

Disarankan untuk memakai jarum tindik yang terbuat dari emas, perak, platinum, atau stainless steel. Beberapa bahan itu disangka bisa meminimalisir resiko infeksi, ruam, serta alergi.

4. Pilah-pilih anting

Bila tindik telinga telah dikerjakan serta Anda menginginkan memasangkan anting pada buah hati, dianjurkan untuk pilih anting yang berupa bulat, begitu kecil, serta sisi depannya begitu datar. Penutup anting juga mesti menutupi semua sisi belakang anting. Yakinkan juga untuk pilih anting anak yang terbuat dari baja yang umum digunakan untuk alat bedah atau emas paling tidak 14 karat supaya tidak menyebabkan reaksi alergi.

Diluar itu, tidak disarankan untuk menggunakankan anting yang menjuntai (dangling earring) pada anak. Buah hati dapat menarik-narik anting sampai lepas serta melukai dianya, atau memasukkannya ke mulut serta tersedak. Anting menjuntai atau anting berupa lingkaran (hoops earring) yang sangat besar peluang dapat juga tersangkut pada perhiasan, baju, serta rambut orang dewasa, atau dapat ditarik oleh anak kecil beda.

5. Rasa sakit yang dirasa anak

Walau dikerjakan cuma dalam hitungan detik, buah hati pastinya juga akan terasa sakit bila tindik telinga dikerjakan tanpa ada anestesi (pembiusan). Bila tidak tega, Anda dapat bertanya pada dokter apakah kulit telinga bayi dapat diolesi anestesi sebelumnya tindik dikerjakan.

Menjaga telinga anak yang ditindik

Sesudah telinga anak ditindik, janganlah melepas anting sepanjang enam minggu atau sampai lukanya kering. Berikan alkohol di sekitaran cuping telinga 2 x satu hari serta putar anting paling tidak sekali satu hari. Fungsinya untuk kurangi peluang infeksi serta percepat sistem pengobatan. Diluar itu, tiap-tiap anak usai mandi, keringkan daerah sekitaran tindik supaya tidak lembap. Sesudah enam minggu, tindikan umumnya juga akan jadi kering serta Anda dapat ganti anting anak supaya lubangnya tidak tertutup.

Jika selesai tindik telinga si buah hati tunjukkan tanda infeksi ; alergi ; telinganya berdarah, bernanah, atau meradang ; atau telinga robek karna anting lepas, selekasnya rujuk ke dokter atau rumah sakit paling dekat.

Tindik telinga pada bayi memanglah tidak dilarang, tetapi janganlah lupa untuk memerhatikan keamanan serta kesehatan bila menginginkan mengerjakannya pada buah hati Anda.